Menuju Pilkada Serentak
Hari
Jam
Menit
Detik
  • Home
  • Sumut Memilih
  • Paslon Gubsu dan Bupati di Sumut Akan Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUP Adam Malik

Paslon Gubsu dan Bupati di Sumut Akan Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUP Adam Malik

Selasa, 09 Januari 2018 21:30 WIB
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik telah dipastikan menjadi tempat pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon (paslon) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dan wakilnya, beserta calon bupati dan wakil bupati yang menjadi kontestan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumut 2018.
 
Karenanya, dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, Kassubag Humas RSUP Haji Adam Malik Masahadat Ginting meminta, agar ketentraman dan ketenangan pasien dapat dijaga. "Kita tentunya sudah melakukan antisipasi untuk ini dengan menyediakan ruang tunggu. Tapi begitupun kita himbau, agar tetap menjaga ketenangan rumah sakit, jangan sampai pasien terganggu," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (09/01/2017).
 
Masahadat menuturkan, RSUP Haji Adam Malik selama ini telah rutin dijadikan sebagai rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah. Dalam pengetesan kesehatan tersebut, umumnya setiap calon selalu di dampingi oleh tim suksesnya, sehingga membuat rumah sakit milik Kemenkes ini ramai. "Untuk itu, kalau memang memungkinkan, kita meminta agar paslon yang ada jangan terlalu banyak membawa tim suksesnya saat pemeriksaan kesehatan," tuturnya.
 
Masahadat menjelaskan, dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, RSUP Haji Adam Malik memusatkan segala kegiatannya di Gedung Paviliun rumah sakit ini. Hal ini supaya pasien tidak sampai begitu terganggu dengan ramainya jumlah orang yang hadir. Apalagi, pemeriksaan kesehatan itu dilakukan selama empat hari. Yakni dua hari untuk paslon cagub dan cawagub pada 11 dan 12 Januari, serta dua hari untuk pasangan cabup dan cawabup pada 13 dan 14 Januari. "Saat ini kita sudah standby untuk melangsungkan pemeriksaan kesehatan itu," tegasnya.
 
Masahadat menambahkan, dalam melangsungkan pemeriksaan kesehatan kepala daerah ini pihaknya juga sudah berkordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sampai saat ini, diakuinya, RSUP Haji Adam Malik belum ada memiliki kendala berarti.
 
Sebelumnya, Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada Sumut 2018, dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL mengatakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Utara (Sumut) mengerahkan sekitar 50 dokter ahli untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi paslon Cagub dan Cawagub yang menjadi kontestan dalam Pilkada Sumut.
 
Ramlan menyebutkan, pemeriksaan itu terdiri dari beberapa tahapan. Di antaranya pemeriksaan standar, mata, pendengaran, penciuman, urologi, bedah, jantung dan pemeriksaan penunjang seperti treatment Elektrokardiogram (EKG). "Pemeriksaan kesehatan tersebut, berbeda dengan lima tahun lalu. Karena sesuai Peraturan KPU pada Desember Tahun 2017 disebutkan ada keterlibatan dari pemeriksaan psikologi oleh Perhimpunan Psikologi dan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk pemeriksaan bebas narkoba," pungkasnya. (BS03)
T#gs Bupatigubernur sumutGubsuPaslonPemilu 2018Pilgubsu 2018pilkada 2018RS Adam MalikRSUP HAMSumatera Utara
Komentar